Organizing your Budget

21.54 Unknown 0 Comments




Kamu ngerasa sering kekurangan uang, sering ngerasa kok uang tuh ngalir aja kayak air? Atau malah sering pinjem uang dan utang menumpuk? Kalau ngerasa iya, berarti jiwa anda sedang dalam masa gawat ( hwehehee ^^ cuman bercanda.. ), ini berarti sudah saatnya kamu lebih disiplin menggunakan uang dan kenalan ama yang namanya financial planning ( tenang aja disini kamu ga perlu daftar and ikut ujian SPMB buat masuk ke Fakultas Ekonomi, cuma perlu baca artikel di bawah ini bis gitu diikutin ), why ? because your personal finance is your responsibility…
Kenapa sih kamu harus selalu bikin financial planning, dibawah ini aku ungkapin alasannya ..
Financial Planing, atau dalam bahasa Indonesia adalah Perencanaan Keuangan, adalah kegiatan pengaturan yang berhubungan dengan pengaturan uang.
Disini intinya tentunya adalah supaya kita punya cukup uang untuk biaya kehidupan sehari – hari kita ( pacar kita, istri kita, ato mungkin keluarga kita ), kita mengendalikan uang, bukan kita yang dikendalikan uang!. Dizaman yang serba sulit gini ( tapi jangan dijadiin alasan ya.. coz bisa pikiran dapetin afirmasi negative tentang uang ), walaupun mungkin saja kita adalah orang yang mampu, ato ortu kita adalah orang yang mampu, bukan berarti kita bisa ngabisin duit seenaknya khan.. masa iya sih.. setiap duit abis, minta – minta ke orang tua, ato bahkan hutang ( ga banget kan… ). Duit Abis-tinggal-minta, bikin kita ga menghargai uang dang a disiplin buat ngatur – ngatur uang. Apalagi klo nanti udah bisa cari duit sendiri and dah nerima gaji . Wahh.. jangan sampe kali kena Overspending Salary Sindrome, yaitu bahasa kerennya dari besar pasak daripada tiang, yang jadiin hidup kita akhirnya gali lubang tutup lubang ( klo ada yang belum tau tentang istilah ini, bisa bertanya kepada orang tua ^^ ). Makanya financial planning harus mulai dilatih dari sekarang juga , paling engga merubah dan melatih pola pikir supaya lebih menghargai, disiplin, dan engga sembarangan ngabisin uang.


How Do You Do the Financial Planing

  • Bikin anggaran berdasarkan Prioritas
Salah satu tujuan Financial Planning adalah supaya kamu bisa memenuhi semua kebutuhan. Muali dari yang primer, sampai yang mewah sekalipun. That`s Why, kamu harus menentukan anggaran keuangan sebagai langkah pertama. Catat rapi di diary, apa aja yang pengen kamu lakuin dnegan jatah uang kamu. Catat kebutuhan kamu menurut skala prioritasnya dan berapa jumlah uang yang harus kamu keluarkan untuk jenis kebutuhan itu. Untuk anggaraan yang agak berat, sebaiknya engga usah minta lagi sama orang tua, coba belajar nabung dari uang yang kamu punya. Engga penting berapa uang yang kamu punya, yang penting sisihkan sedikit dan nabungnya rutin. Yang harus kamu inget disini, jangan asal bikin prioritas. Selalu duluin kebutuhan yang penting ( pasti kamu tau kan kebutuhan yang penting dan mendesak )

  • Pisahkan anggaran berdasarkan waktu
Seleksi lagi anggaran yang kamu anggap penting lagi berdasarkan dengan waktu. Bagi jadi dua, yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Anggaran jangka pendek tuh maksudnya adalah anggaran yang harus segera dipenuhi seperti kebutuhan sehari – hari atau kebutuhan sekolah. Sedangkan anggaran jangka panjang itu semisal hal – hal yang waktunya masih agak jauh, seperti ganti hape dan rencana liburan sekolah. Serta sediakan amplop untuk masing – masing anggaran, simpen baik – baik dan jangan diutak – atik, apalagi dipake untuk hal – hal yang kurang kegunaannya, bisa bikin rencana yang kita jalanin gagal total tho..

  • Lakukan sekarang juga dan bikin komitmen untuk kelanjutannya.
Inget bahwa semua hal itu harus dilakukan secara terus – menerus dan berkesinambungan untuk bisa merasakan keuntungannya, untuk menjadi sukses dalam hal apapun, pasti butuh komitmen. Dalam hal financial Planning, kamu juga bakal melakukan banyak penyesuaian dan pengorbanan. Misalnya kamu merencanakan liburan ke Negara tetangga sama temen – temen akhir taun nanti. Untuk itu kamu harus ngerelain motong uang jajan, ngurangin hang out sampai ga beli pernak – pernih supaya bisa menabung demi mewujudkan liburan impian itu. Sekilas sih keliatan gampang, tapi susah lho ngelaksanainnya, apalagi untuk yang masih usia muda gini ( kayak aku gtu..^^ ). Makanya harus punya komitmen dan konsisten dalam melaksanakannya secara terus menerus. Jangan sampai rencana yang kamu rancang, gagal terlaksana karena ga bisa tahan godaan buat seneng – seneng, belanja atau hang out.

  • Tabungan Rutin
Dari kecil kita selalu diingetin untuk rajin menabung. That`s because saving is that important! We never know what will happen in live. No matter how much money you save, asalkan kamu lakukan dengan rutin dan terus – terusan, pasti bakal mendatangkan hasil yang oke. Dengan punya tabungan, kalau ada apa – apa, kamu ga bakalan panic dan minta orang lain ( terutama minta orang tua ).
Nah, supaya program perencanaan keuangan ini berakhir sukses, selain bikin anggaran ini itu, kamu juga harus perhatiin beberapa hal ini :

  • Mind set
Manfaat lain dari financial planning adalah membantu kita jadi pribadi yang lebih baik ( paling ga ya jadi pribadi yang engga menghambur – hamburkan uang ). Percuma deh kamu pusing – pusing bikin anggaran, klo kamu belum bisa berfikir dewasa, masih boros dan engga mikir – mikir kalau ngeluarin uang. Diperlukan pola pikir yang jauh kedepan untuk sukses ber-financial planning.

  • Behaviour
Alias attidute! Sukses engga-nya mengatur keuangan juga tergantung sikap kamu. Karena kamu bakal melakukan beberapa penyesuaian yang awalnya terasa berat. Engga lucu khan kalo kamu pake acara marah – marahan sendiri karena nahan godaan supaya engga belanja? That’s is so ridiculus! Guys , wise man says kalau kamu ingin hasil yang berbeda, maka lakukan hal yang berbeda pula. The thing is, would u?

  • Surroundings
Kalau udah berhasil menaikan kesadaran diri, saatnya minta bantuan orang – orang terdekat. Tell your parents and your best friends kalau kamu sedang dalam program “pengembangan diri”. Tell them that you really need their supports. Kasih pengertian ke temen – temen kalau kamu bakal ngurangin jadwal ke salon atu hang out bareng mereka.
Hasil Financial Planning yang sukses :

  1. Kamu bakalan jarang banget kekurangan uang. Ngirit itu beda lho rasanya sama ga punya uang.
  2. Kamu bisa beli sesuatu yang sebelumnya kamu pikir engga mungkin bisa kebeli.
  3. Spending money on budget, (bahkan yang mahal sekalipun), bikin puas 100% karena enggak ada perasaan bersalah sedikit pun.
  4. Kamu bakal jadi orang yang engga gampang tergoda dan punya komitmen.

0 komentar: